Pages

About

Skip to main content

Refleksi

Beberapa tahun belakangan rasa-rasanya berlalu begitu saja, tanpa karya, tanpa sesuatu yang terlalu bermakna. Flat! Semua berjalan seolah baik-baik saja. Saking baik-baiknya Aku sampai tak merasa waktu sudah berlalu begitu saja.

Kenapa?
Mungkin bermimpiku terlalu lama, sehingga kehilangan waktu untuk merealisasikannya. Mungkin juga "nyaman" ku terlalu lena, sehingga aku dijerat wacana semata.

Pertengahan tahun ini, aku mencoba mengajak diriku bekerjasama. Bangun dari mimpi yang fana, beranjak dari "nyaman" yang maya.

Hey, Aku! Sesuatu harus kita ubah. Mulailah terjaga, mulailah lebih peka, mulailah menjadi nyata. Kita akan berjuang bersama-sama.

Ya, setelah bertahun-tahun alpa, kini aku mencoba kembali membuat rencana. Tapi kali ini yang aku butuhkan adalah rencana terhadap diriku sendiri. Self-Empowerment, mungkin istilahnya seperti itu, tapi aku lebih suka menyebutnya "Berbenah Diri". Ini benar-benar hal mendesak yang harus segera kulaksanakan.

Caranya? Aku menantang diriku sendiri untuk melakukan konsisten melakukan beberapa hal yang berdampak untuk meningkatkan value ku. Setidaknya, ada empat poin utama yang benar-benar ingin aku tekuni:

MENULIS
Yuk dong, mulai menulis lagi. Lebih serius, lebih konsisten. Maksimalkan gift yang sudah dikasih. Upayakan rutin, tidak perlu panjang, yang pentng konsisten.

LESS WASTE

Mengurangi sampah, terutama sampah plastik, sudah menjadi wacana dari tahun ke tahun. Sepertinya sudah sangat mendesak untuk ditunaikan. Ingat, kita cuma punya satu planet saja. Tidak ada cadangannya!

HEALTHY LIFE

Wajah boleh muda, semangat harus tetap menyala. Tapi namanya tubuh yang menua memang tak bisa berdusta. Usia yang digerus waktu perlahan tapi pasti memberikan perubahan pada kekuatan fisik. Tak ada cara, hidup sehat harus terlaksana segera.

HAPPY SOUL

Jiwa yang bahagia ada koentji. Belajar mengenali dan mencintai diriku sendiri, memahami apa yang diinginkan hatiku. Belajar menghargai keputusan-keputusanku. Belajar memahami hak-hak atas diriku. Belajar berkata tidak untuk semua yang membuatku tak nyaman. Belajar untuk tidak menjadi toxic bagi orang lain. Dan belajar banyak hal lainnya.

Maka dengan ini aku berjanji, mulai saat ini dan waktu-waktu yang akan datang, aku akan berusaha untuk bercerita tentang banyak hal di sini. Bercerita tentang empat rencanaku, bercerita tentang kisah receh, tentang cinta, tentang logika, tentang apapun secara random sesuai keinginan hati semata. Tidak untuk mengumbar privasi tentunya, hanya ingin merekamnya dalam sebuah catatan yang rapi saja.


Penikmat hujan | Pelahap semangka | Pencinta malam | Pemuja jeda

Comments

Post a Comment